ehat itu murah. Sayangnya, dengan pola hidup di perkotaan, kadang kesehatan menjadi mahal. Harus ke gym, harus menyisihkan waktu, dan berbagai alasan lain sehingga membuat seseorang justru “menimbun” masalah kesehatan di kemudian hari. Padahal, dengan sedikit waktu, bahkan pada level paling rendah sekali pun—beberapa menit hingga sekitar 30 menit—sudah mampu membuat perubahan. Inilah yang sangat disarankan oleh Barry A. Franklin, PhD, seorang pakar kesehatan dari William Beaumont Hospital in Royal Oak, Michigan, Amerika.

Dengan latihan ringan, memang akan banyak membawa perubahan. Dan, jika ingin tetap fit setiap hari, memang harus ada waktu yang disempatkan. Berikut beberapa aktivitas yang disarankan agar tetap sehat dan bugar hingga masa tua kelak…

•  Pastikan minimal 30 menit untuk berolahraga
Seperti yang dikatakan Barry A. Franklin, waktu 30 sangat berharga. Jika dirasa berat, Anda juga bisa “mencicil” waktu tersebut dalam aneka kegiatan. Misalnya, 10 menit peregangan di sela pekerjaan kantor, 5 menit olahraga ringan setelah istirahat siang, dan sisanya lakukan di mana dan kapan saja yang Anda bisa. Masih terasa berat? Beberapa dokter mengatakan agar Anda menganalogikan dengan saat berbicara. Jika Anda mudah bicara, maka 30 menit olahraga juga sama mudahnya. 

•  Gerakkan otot kapan saja
Gerakan seperti apa yang menyehatkan? Apa saja. Menurut American College of Sport Medicine, gerakan seperti memindahkan kursi di ruangan kantor pun sudah cukup memberi latihan pada otot. Atau, bisa juga parkir kendaraan Anda agak jauh dari tempat kerja. Sehingga, Anda cukup bisa melatih otot kaki dengan berjalan. Jika masih ada waktu, sesekali hindari penggunaan lift. Cobalah naik tangga. Itu jauh lebih menyehatkan.  

•  Latih keseimbangan tubuh
Ada banyak cara untuk melatih keseimbangan tubuh. Misalnya, bangun dari tempat duduk tanpa menggunakan tangan. Atau, sesekali, berdiri satu kaki dan lakukan bergantian. Latihan ini akan memberikan dampak pada tubuh agar tetap segar di tengah berbagai aktivitas yang dilakukan. Keseimbangan lainnya yang perlu diperhatikan juga dari faktor makanan. Atur jumlah kalori, karbohidrat, protein, lemak, dan berbagai asupan nutrisi lain agar mampu menjadikan tubuh tetap prima.

•  Tetap aktif dengan segala aktivitas
Jika Anda termasuk orang yang sibuk, berarti sebenarnya Anda sudah “mengolah” tubuh. Namun, yang dimaksud di sini adalah kesibukan yang juga melibatkan gerak tubuh. Jika pekerjaan banyak menuntut untuk duduk, sesekali menyibukkan diri dengan melakukan peregangan atau senam ringan di kursi akan membuat tubuh lebih segar. Jika Anda sering meeting di luar, mengapa tidak mencoba mengajak relasi meeting di ruang gym? Layaknya golf dan tenis sebagai ajang dealing bisnis, sembari berolahraga, gym juga bisa dijadikan alternatif untuk menjaga kesehatan diri dan bisnis Anda.  Akan lebih baik lagi jika Anda rajin mengkonsumsi vitamin neurotropik untuk mencegah pegal sehingga aktifitas sehari-hari dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan pegal.

 

About these ads